Jumat, 27 Juni 2014

Shooting Film ke-6 Sanggar Cantrik "2B"

Mas Seno sedang mengarahkan pemain.
Akhirnya film "2B" shooting sesuai jadwal. Shooting dilaksanakan pada hari Kamis dan Jumat, 26 dan 27 Juni 2014 lalu, berlokasi di SD Bopkri Sidomulyo 2, ds. Gancahan 8, Kel. Sidomulyo, Kec. Godean, Sleman, DI. Yogyakarta. Seperti produksi film Sanggar Cantrik yang terdahulu, para pemain utama -- yaitu anak-anak SD Bopkri Sidomulyo 2 -- diajak memanfaatkan momen shooting sebagai sarana bermain sambil belajar.

Shooting dilaksanakan selama dua hari dari jam 7.00 WIB sampai jam 17.00. Dalam film ini, tidak ada adegan yang diambil gambarnya di sore hari. Selain karena tuntutan naskah, produksi film ini memang didesain ramah anak, sehingga mempertimbangkan daya tahan dan kondisi anak.


Tim produksi di bawah rumpun bambu.
Proses produksi kali ini istimewa karena Sanggar Cantrik bekerja sama dengan teman-teman Hompympaa Artworks membuka kesempatan bagi pecinta film untuk ikut menonton jalannya shooting sebagai observer. Meskipun jumlah observer dibatasi, dan hanya dilakukan saat pengambilan gambar scene di lapangan sekolah, tetapi para observer tampak bersemangat ikut belajar dan mendengarkan sharing ilmu dari tim produksi, seperti Senoaji Julius (sutradara), Jatmiko Kresnatama (sound recordist)), dan Yuanita (exc. producer). Para observer pun berasal dari berbagai kalangan, seperti mahasiswa film, penulis buku, pemerhati anak, siswa SMU, anak-anak, bahkan dari Dinas Kebudayaan DIY.

Shooting juga dilakukan di belakang gedung sekolah.
Film yang disutradarai oleh Senoaji Julius ini bercerita mengenai 3 sahabat, yakni Imam, Kartini, dan Marta. Ketiga anak ini mendapat tugas dari pak guru untuk membeli pensil di sebuah warung. Dalam perjalanan, mereka bertiga menghadapi berbagai tantangan dan hambatan. Namun justru dari perjalanan itu mereka belajar untuk bertanggung jawab. (Untuk melihat informasi film "2B", klik di sini)

Sampai pertengahan tahun ini, SD Bopkri Sidomulyo 2 memang menjadi dampingan Sanggar Cantrik untuk pendidikan karakter anak. Para pemeran anak-anak dalam film 2B juga merupakan murid-murid sekolah ini, yakni murid kelas 4, 5, dan 6. Seperti film-film terdahulu, film pendek anak ke-6 produksi Sanggar Cantrik ini tetap didedikasikan bagi ruang tumbuh seutuhnya anak-anak Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar